Strategi Pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum (Studi Kasus: Pengadaan Tanah Jalan Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA)

Authors

  • haishal hafizh Universitas Krisnadwipayana

Keywords:

Pengadaan Tanah, Jalan Tol, Kepentingan Umum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi percepatan pelaksanaan pengadaan tanah jalan tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA dengan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pengadaan tanah dan memberikan alternatif penyelesaian masalah pada pengadaan tanah jalan tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Untuk informan penelitian, ditentukan dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belum adanya perubahan waktu pelaksanaan pengadaan tanah yang lebih efektif, kendala berupa kekurangan sumber daya manusia pada Kantor Pertanahan dan berlarut-larutnya penanganan tanah sisa pengadaan tanah. Dengan demikian, diperlukan upaya perubahan berupa waktu pelaksanaan tahapan yang dibuat singkat yaitu dengan merubah skema mekanisme penyelesaian tanah sisa dan menambahkan tenaga PNS petugas ukur atau surveyor berlisensi sesuai dengan kebutuhan luas lahan dalam pengadaan tanah.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

hafizh, haishal. (2022). Strategi Pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum (Studi Kasus: Pengadaan Tanah Jalan Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA). Jurnal Kajian Wilayah Dan Kota, 1(1). Retrieved from https://journal.teknikunkris.ac.id/index.php/JPWK/article/view/282