PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN TOL CIBITUNG – CILINCING INTERCHANGE TAMBELANG KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Achmad Pahrul rodji Pahrul Universitas Krisnadwipayana
  • Sahat Martua Sihombing Sihombing Universitas Krisnadwipayana
  • Qowi Ayadillah Hariyanto Universitas Krisnadwipayana

Keywords:

Geometrik, Ramp, Interchange

Abstract

Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, karena menjadi pusat kawasan industri terbesar di Jawa Barat. Dengan kondisi tersebut menimbulkan peningkatan lalulintas di jalan tol Jakarta Cikampek menuju Jakarta atau sebaliknya sehingga sering terjadi kemacetan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pembangunan jalan tol yang dapat mengurai kemacetan di ruas tol dalam kota, jalan tol Cibitung – Cilincing di buat untuk mengurangi kemacetan di ruas tol dalam kota karena mobil angkutan barang bisa menuju langsung ke pelabuhan tanpa harus melalui tol dalam kota. Tujuan kajian ini adalah merencanakan geometrik jalan tol khususnya pada bagian akses ramp untuk menuju dan keluar jalan tol. Metodelogi perencanaan geometrik interchange dengan mengikuti standar AASHTO 2001,Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997, Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan tahun 1992. Dari perencanaan geometrik ini di pilih

1 ramp yang terdapat pada interchange Tambelang, analisis perencanaan geometrik meliputi alinyemen vertikal, alinyemen horizontal jenis tikungan yang di gunakan dalam desain meliputi tikungan FC,SCS, dan untuk alinyemen vertikal adalah cekung dan cembung

References

Asfiyati. A, Ningrum R.A.C ,Dary. R.W.2019, “Perencanaan Geometrik Ramp Pada Juntion dan Interchange Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing tinggi “. Progress In Civil Engingering.

Amin.C, Budhiaty.H, Silvyana. R .2017. ”Kajian Bentuk Interchange Jalan Tol CIJAGO”. Bentang jurnal Vol. Dayana.N.P, 2017.” Perencanaan Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar”.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota,”

Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta, 1997.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol,”

Direktorat Jendral Bina Marga, 2009.

IR. Hamirah Saodang MSCE,2010 “Konstruksi Jalan Raya”. Penerbit Nova, Bandung. Peraturan Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “ Pedoman Perancangan Drainase Jembatan” 2015.

Pratiwi.H.K, Widaystuti. I.2017.”Perencanaan Geometrik Ramp Jalan Tol Kediri – Kertosono”.

Prayogata.S.R, 2017.” Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Gempol – Pasuruan.

Sukirman.S,1994 “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan”. Penerbit Nova, Bandung

Downloads

Published

2022-04-13