ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN TOL AKSES MENUJU BANDARA INTERNATIONAL KERTAJATI

Authors

  • Reynaldi Fransiscus Universitas Krisnadwipayana
  • Sahat Martua Sihombing Sihombing Universitas Krisnadwipayana
  • Yonas Prima Universitas Krisnadwipayana

Keywords:

Perkerasan Lentur, AASHTO 1993, Manual Desain 2017

Abstract

Jalan akses menuju Jalan tol akses menuju Bandara International Kertajati, Kabupaten Majalengka Jawa Barat, merupakan bagian dari sistem transportasi sebagai pelayanan sarana infrastruktur bagi dampak pertumbuhan jumlah penduduk. Guna memenuhi kebutuhan tersebut perencanaan perkerasan baru diperlukan untuk melayani kebutuhan lalu lintas di masa yang akan datang Konsep dari perencanaan perkerasan lentur (Flexible Pavetment) direncanakan terhadap konfigurasi beban sumbu yang mengakibatkan tegangan terbesar pada pelat. Demikian pula dalam metode portlan cement assosiation, perhitungan didapat hampir sama dengan manual desain perkerasan (MDP) jalan 2017, Perencanaan Tebal Pelat perkerasan lentur jalan dengan menggunakan (AASHTO 1993). didapat masing-masing sebesar surface AC/WC AC/BC 10,16 cm, Aspalt Base 14,85 cm dan dengan manual desain 2017. menghasilkan lapisan surface AC/WC AC/BC setebal 100 cm dan tebal Asphalt Base 145 cm. Sehingga total tebal perkerasan lentur sebesar 24.5 cm maka dari hasil kedua metodennya dipakai angka surface AC/WC AC/BC 100 cm Asphalt Base 150 cm maka perbedaan lebih besar dan lebih kecil dari perhitungan Hal ini akibat perbedaan konsep dasar dari masing-masing metode.

References

AASHTO, 1993, Guide for Design of Pavement Structures, American Assosiation of State Highway and Transportation Officials, Washington, USA.

Ahmad Wahid, 2009, “Perencanaan Pelapisan Tambah Pada Perkerasan Kaku Berdasarkan Metode Bina Marga dan AASHTO (Study Literature)”, Sumatera Utara.

Anonim, 1991, Tata Cara Rencana Pembuatan Campuran Beton Normal SNI T- 15-1990- 03,

Departemen Pekerjaan Umum, Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung.

Anonim, 1998, Standar Konstruksi Bangunan Indonesia 2-3-28-1998.

Anonim, 2019, Klasifikasi Berdasarkan Kekuatan dan Kegunaan, https://sanpaving.wordpress.cpm/paving- block-atau-conblock-pengertianjenis-dan- klasifikasi/. Diakses pada tanggal 24 Juni 2019.

Anonim, 2019, Perbedaan Metode Bina Marga dan AASHTO, https://textid.123dok.com/document/1y96359- perbedaan-metode-bina-marga-dan- aashto.html. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2019.

Ari Suryawan, 2013, Perkerasan Jalan Beton Semen

Portland (Rigid Pavement), Beta Offset, Yogyakarta.

Arthur Wignall, dkk, 2004, Proyek Jalan Teori dan Praktek, Erlangga, Jakarta.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2002, Perencanaan Perkerasan Jalan

Beton Semen Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur, Kimpraswil, Jakarta. Departemen

Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen

Pedoman Konstruksi Bangunan Pd-T-14-2003,

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2004,

Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pedoman Konstruksi Pd. T -19-2004-B,

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. Dinas Pekerjaan Umum, 1971, Peraturan

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2004,

Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pedoman Konstruksi Pd. T -19-2004-B,

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. Dinas Pekerjaan Umum, 1971, Peraturan Beton Bertulang Indonesia N-I-2-1971,

Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan, Dinas Pekerjaan Umum, Bandung. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2015, Kota Semarang.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Bandung. Direktorat Jenderal Bina Marga, 1970,

Nawy EG, 1985, Reinforce Concrete a Fundamental Approach, Mac Graw – Hill Book Company, Sidney.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017, Teknologi Aplikasi Konstruksi (TAPAK). Vol. 6 No. 2. Mei,

Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Harry Christady Hardiyanto, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Downloads

Published

2022-04-13