ANALISIS TEBAL PERKERASAN RUNWAY PADA BANDARA INTERNASIONAL OE-CUSSE, TIMOR LESTE

Authors

  • Sahat Martua Sihombing Sihombing Universitas Krisnadwipayana
  • Achmad Pahrul Rodji Universitas Krisnadwipayana
  • Al Muzamil Universitas Krisnadwipayana

Keywords:

Perkerasan lentur, Runway, FAARFIELD, Federal Aviation Administration (FAA), ), Bandara Internasional Oecusse-Timor Leste

Abstract

Oecusse-Ambeno merupakan salah satu distrik di Timor Leste yang sedang dikembangkan oleh pemerintahnya. Salah satu pengembangannya yaitu melalui pelaksanaan proyek bandara yang bernama “New Development of Oecusse International Airport Project” yang bertujuan untuk menambah akses menuju ke Timor Leste dan sebagai zona pembangunan ekonomi eksklusif Timor Leste. Seiring dengan berjalannya waktu, tingkat perkerasan landasan pacu dapat mengalami penurunan. Oleh karena itu, kualitas struktur perkerasan harus sangat diperhatikan sehingga mampu melayani lalu lintas yang direncanakan selama kurun waktu mendatang. Penulis menggunakan standar aturan Federation Aviation Administration (FAA) sebagai dasar perencanaan sisi udara bandara. Perencanaan sisi udara ini, menyesuaikan dengan pertumbuhan penumpang untuk 20 tahun mendatang. Kebutuhan geometric sisi udara adalah Panjang runway 2200 m dengan lebar 45 m. Dalam analisis ini menggunakan program bantu yaitu cara manual dan software FAARFIELD. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan software FAARFIELD dan grafis, jenis pesawat rencana A330-330 dalam kurun waktu pengembangan 20 tahun mendatang yaitu total tebal perkerasan dengan software FAARFIELD adalah 658 mm, yang terdiri dari 120 mm surface course, 343 mm Base Course, dan 195 mm Subbase Course sedangkan dengan cara grafis diperoleh total tebal perkerasan 730 mm, yang terdiri dari 102 mm Surface Course, 480 cm Base Course, dan 152 mm Subbase Course, Selisih perhitungan software FAARFIELD dengan cara grafis adalah adalah 10% atau selisih sekitar 72 mm, sehingga hasil perhitungan cara grafis lebih tebal dibanding software FAARFIELD

References

Basuki, Heru. 1986. Merancang dan Merencana Lapangan Terbang. Bandung: Penerbit Alumni.

Horonjeff Robert, et al. 2010. Planning and Design of Airports (Fifth Edition). New York: McGraw Hill.

Ashford, Norman J., Saleh A. Mumayiz, and Paul H. Wright. 2011. Airport Engineering: Planning, Design, and Development of 21st-Century Airports (Fourth Edition). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Airbus. 2018. Aircraft Characteristics Airport and Maintenance Planning. Airbus S.A.S. France.

Federal Aviation Administration Advisory Circular AC 150/5300-13, 1989. Airport Design.

FAA. FAARFIELD 1.42 [Internet]. U.S. Department of Transportation Federal Aviation Administration.

ARCP, 2012, ”Evaluating Airfield Capacity’’, Transportation Research Board of The National Academies and

FAA, United States of America.

Civil Aviation Safety Authority Australia, 2003, “Manual of Standards Part 139 – Aerodromes”, Australia.

Direktorat Jendral Perhubungan Udara, 2005, “Surat Keputusan Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor SKEP/77/VI/2005 tentang persyaratan teknis pengoperasian Fasilitas dan Peralatan Bandar Udara”. Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Udara, jakarta.

ICAO, International Civil Aviation Organization, 2005, “Annex 14 Aerodrome”, Montral, Kanada.

Bulandari, Reni. 2020. “Analisis Pekerasan Runway di Bandar Udara Sultan Bantilan Kabupaten Toli-toli Provinsi Sulawesi Tengah”. Jakarta: Tugas Akhir Fakultas Teknik Sipil Universitas Krisnadwipayana.

Hermawan, Hafid. 2020. “Analisa Daya Dukung Pekerasan Runway di Bandar Udara Arung Palakka Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan”. Jakarta: Tugas Akhir Fakultas Teknik Sipil Universitas Krisnadwipayana.

Fauzi, Rahmad. 2018. “Evaluasi Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Landasan Pacu Bandara Senubung Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Medan Area.

Yuda Pratama, Hastha. 2015. “Analisis Tebal dan Perpanjangan Landasan Pacu Pada Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II”. Palembang: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Sriwijaya. Vol.3, No. 1: 741-748.

Kurniawan. 2018. “Studi Desain Perencanaan Perkerasan Sisi Udara Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap”. Jakarta: Jurnal Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal. TS-020, p-ISSN: 2407-1846.

Downloads

Published

2022-04-13