ANALISIS PENINGKATAN DERMAGA PADA PT BERLIAN MANYAR SEJAHTERA SURABAYA
Keywords:
Energi benturan, Fender, Kapal, Defleksi, Koefisien, DermagaAbstract
Fender berfungsi sebagai bantalan yang ditempatkan didepan dermaga, sehingga fender tersebut dapat menahan struktur dermaga dari benturan pada saat kapal melakukan olah gerak untuk bersandar pada dermaga. Kapal yang merapat pada dermaga masih mempunyai kecepatan baik yang digerakkan oleh mesinnya sendiri maupun ditarik oleh kapal tunda (Tugboat). Untuk menghindari kerusakan pada kapal dan dermaga karena benturan maka didepan dermaga dipasang bantalan atau fender yang berfungsi untuk menyerap energi benturan tersebut. Besarnya energi benturan yang disebabkan oleh kapal yang merapat ke dermaga dapat diperoleh dengan menentikan koefisien blok pada kapal, koefisien massa kapal, koefisien eksentrisitas kapal terhadap dermaga, kecepatan merapat kapal dalam arah tegak lurus. Gaya yang diteruskan ke dermaga tegantung pada tipe fender dan defleksi fender yang diijinkan. Ketika kapal membentur fender maka fender tersebut akan mengalami defleksi dan meneruskan gaya benturan ke struktur dermaga. Perencanaan fender ditentukan berdasarkan energi yang diserap akibat benturan kapal.Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana analisa perhtungan ukuran dermaga yang diperlukan untuk satu kapal bongkar muat di Pelabuhan PT. Berlian Manyar Sejahtera; mengetahui ukuran dan kekuatan fender dari jumlah yang diperlukan pada dermaga Pelabuhan PT. Berlian Manyar Sejahtera; mengetahui jumlah fender yang akan dipakai pada peningkatan dermaga PT. Berlian Manyar Sejahtera. Tahapan atau langkah penelitian dari metodologi penelitian dimulai dengan melakukan studi atau literature pendahuluan yang diantaranya meliputi studi pustaka dan identifikasi data. Panjang eksiting dermaga adalah 200 meter, akan ditingkatkan 50 meter sehingga total panjang dermaga adalah 250 meter. Hasil analisis dengan menggunakan 2 contoh kapal - kapal yang sandar pada dermaga PT. Berlian Manyar Sejahtera panjang dermaga yang dibutuhkan untuk melayani kapal- kapal yang sandar adalah 226,8 meter. Dalam perencanaan PT. Berlian Manyar Sejahtera menggunakan fender tipe cone 1200 SCH atau 1200 SPC dengan energi benturan 0,62 tm. Hasil analisis menggunakan fender tipe cone 1300 SPC dengan energi benturan 0,68 tm. Fender tipe cone mempunyai “Pad” yaitu pelindung terhadap karet fender itu sendiri, jadi apabila terjadi benturan kapal yang lebih kuat dari rencana maka pelindung itu yang akan melindungi karet fender dan struktur dermaga. Hasil analisis menggunakan kapal berbobot 56,545 ton dapat digunakan tipe fender sel dengan dimensi OD x ID = 380 x 190 yang mempunyai energi serap 1,20 tm. Gaya yang diserap oleh fender sebesar 16,72 ton. Untuk fender tipe V maka digunakakan tipe KVF 200 HCA yang mempunyai nilai energi diserap sebesar 1,0 tm dan gaya diteruskan sebesar 15,35 tm dengan defleksi sebesar 45%. Jumlah fender yang digunakan untuk kapal dengan bobot 33,193 ton adalah 19,3 unit dan untuk kapal dengan bobot 56,545 ton adalah 20,6 unit maka untuk total panjang dermaga 250 meter maka jumlah fender yang digunakan sebanyak 22,7 unit dibulatkan menjadi 23 unit.
References
Asiyanto 2008. Metode Konstruksi Bangunan Pelabuhan. Universitas Indonesia Jakarta
Abdulmuttalip Danuningrat, 1977,
Pelabuhan Bagian I dan II, Seksi Publikasi Departemen Teknik Sipil ITB, Bandung
Amir, MS, 1979, Peti Kemas – Masalah dan Aplikasinya, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta
Bambang Triatmodjo 2009.
Perencanaan Pelabuhan. Beta Offset Yogyakarta
Bruun,P.,1981, Port Engeneering, Gulf Publishing Company, London
Bowles, JE., 1997, Foundation Analysis and Design, Mc. Graw Hill Kogakusaha, Ltd., Tokyo
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, 1984. Design Kriteria Perencanaan Pelabuhan. Jakarta
PT. Kemenangan Distributor Fender Ruber`
PT. Berlian Manyar Sejahtera Surabaya
https://www.shibata-fender.team/en/
Port and Harbour Research Institute, 1980, Technical Standards for Port and Harbour Facilities in Japan, Minitary of Transport, Japan
Perencanaan Fender Dermaga (Studi Kasus Dermaga Pengangkut Minyak, Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah) Masagus Zainal Abisin¹, Puji Wiranti², Hikmad Lukman³
Perencanaan Fender Dermaga (Jetty) Kapal Dengan Bobot 10.000 DWT. Fauzan Universitas Batam
Perencanaan Fender Dermaga (Studi Kasus Dermaga Penyebrangan Mukomuko, Provinsi Bengkulu) Derry Fatrah Sudarjo
Perencanaan Dermaga Pelabuhan Peti Kemas Maloy Di Kutai Timur Kalimantan Timur. Herman Parung¹, Aringsih Suprapti², Dian Pranata P.A³
Soedjono Kramadibrata 1995. Perencanaan Pelabuhan. Ganesa exact.Bandung
Studi Perencanaan Sistiem Fender Dermaga (Jetty) Di Pelabuhan Tanjung Tembaga KotaProbolonggi. Muh. Lathifu Umam Zen¹, Warsito², AzizahRachmawati³
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal SipilKrisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.