Pengembangan Aplikasi Pengenalan Hewan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Berbasis Virtual Reality

Authors

  • Essy Malays Sari Sakti

Keywords:

Aplikasi Pengenalan Hewan; Media Pembelajaran Anak; Virtual Reality.

Abstract

Abstrak−Proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi juga dapat dilakukan di rumah. Bagi seorang anak,
rumah merupakan tempat pertama belajar mengenal berbagai ilmu dan lingkungan sekitar. Hewan merupakan bagian dari
lingkungan sekitar yang perlu diketahui anak. Di era teknologi yang semakin canggih, banyak sekali aplikasi media
pembelajaran yang mendukung anak-anak untuk belajar tentang lingkungannya, diantaranya adalah Aplikasi Virtual Fauna
Berbasis Android yang dibuat oleh Ronny T. Aplikasi ini belum memiliki fitur input gambar/citra, sehingga dapat
membosankan dengan pembelajaran hewan yang tidak berganti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan fitur
input gambar/citra agar citra yang ada dapat lebih bervariasi. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu concept, design, material collector, assembly, testing
dan distribution. Akhir penelitian ini mencoba fitur input gambar dan gambar berhasil dimasukkan dalam aplikasi
Kata Kunci: Aplikasi Pengenalan Hewan; Media Pembelajaran Anak; Virtual Reality.
Abstract− The teaching and learning process is not only done at school but can also be done at home. For a child, home is the
first place to learn about various sciences and the surrounding environment. Animals are part of the surrounding environment
that children need to know. In the era of increasingly sophisticated technology, there are lots of learning media applications
that support children to learn about their environment, including the Android-Based Virtual Fauna Application created by
Ronny T. This application does not yet have an image input feature, so it can be boring with animal learning not move. The
purpose of this study is to develop image input features so that the existing images can be more varied. The development in
this study uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method with six stages, namely concept, design, material
collector, assembly, testing, and distribution. At the end of this research try the image input feature and images can be entered.
Keywords: Animal Recognition Application; Children's Learning Media; Virtual Reality.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Essy Malays Sari Sakti. (2022). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Hewan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Berbasis Virtual Reality . Journal Information System, 2(1). Retrieved from https://journal.teknikunkris.ac.id/index.php/jis/article/view/441